Minggu, 29 Juli 2012

Catatan Perjalananku di usia 21



Sahabat blogger... Pernahkah kita merasakan segala sesuatunya dengan baik maupun dengan mengecewakan teman-teman kita yang lain? Sudahkah kita melakukan pencapaian yang mumpuni semasa kita merayakan ulang tahun sebelumnya (diawal pergantian usia)?? Aku yakin, ada banyak alias segudang harapan dan keinginan yang sahabat blogger miliki di awal pergantian usia sahabat semua. Tapi kira-kira sudah ada yang terpenuhi belum yaa??

Hmm... Memang untuk mengevaluasi intensitas keberhasilan diri kita perlu membongkar kembali ingatan-ingatan kita apakah ada yang membanggakan atau justru malah menggagalkan bagi kita. Semisalnya, awal tahun lalu kita pernah bermimpi dan berharap, dalam waktu dekat aku akan meraih juara kelas!!! Tetapi pada kenyataannya aku hanya meraih juara I Harapan dari keenam kategori pemenang dari sepersekian kelompok lomba. Bilapun demikian, sebenarnya kita tidak gagal. Hanya kita mendapatkan apa yang Tuhan kehendaki. Betul bukan sahabatku??

Perlu dimaklumi bahwa sebesar apapun rencana besar kita, hanya Allah yang menentukan. Kita hanya bisa berbahasa yunani “Ora Et Labora” sambil menerapkannya pada diri kita. Setuju gak semua!!! Nah, sedikit sharing nih, aku akan coba untuk ‘me-rekap’ semua catatan perjalanan aku dari awal Agustus lalu hingga akhir bulan Juli ini. Sembari tutup bulan, sekaligus akan jadi penutup postingan aku untuk bulan Juli ini dan mulai postingan baru di awal Agustus esok.

Kita mulai dari yang paling dekat dulu. Blogging. Pada awalnya aku sempat bergonta-ganti nama blog, berikut kontennya dan desainnya, tapi kemudian aku hapus lagi karena aku anggap blog-blog tersebut, GAGAL... Gan :D . Hampir sekitar 10 kali aku buat dan hapus lagi karena aku menganggap blog lama aku tidak ada yang melihat alias ‘blong-follower’. Huhuhuuu... Memang, untuk kita belajar menulis perlu adanya wadah pribadi yang bisa kita jadikan tempat belajar menulis, yaitu blog. Tapi entah mengapa aku saat itu kerap kali bergonta-ganti blog oleh karena masalah yang saat itu aku belum tahu jawabnya, yaitu ingin dikomen oleh banyak orang.


Sebenarnya peristiwa menyelekit tersebut sudah lama terjadi, dan mulai membesar kembali pada bulan September 2011 dan berlanjut hingga akhir April 2012. Lalu pada akhirnya salah satu teman saya memberikan ‘tips’ jitu kepada saya perihal menambah follower dan memperramai tanggapan alias komen di akhir bulan Mei 2012 (ada di postingan aku Sharing itu penting, ternyata). Dan hasilnya manjur tenan !!!! Dalam hitungan bulan hingga aku menyelesaikan postingan ini, terhitung ada 23 follower blog aku, 206 komen terpublis, 1276 total pageview dan pernah masuk ke daftar 10 tertinggi mesin pencari google SERP. Aku harus katakan ‘Alhamdulillah’ untuk ini dan harus lebih berkembang lagi kedepannya. Harapan pertama aku, terwujud.

Yang kedua, harapan bisa bekerja di kantor. Walaupun kedua orangtuaku tidak sepenuhnya mengizinkan aku untuk mengambil pekerjaan namun itu menjadi salah satu harapan aku saat perayaan ulang tahun aku Agustus 2011 lalu. Aku merasakan bagaimana susahnya mencari pekerjaan saat itu. Panas-panasan, kemondar-kemandir, cetak sana cetak sini... beuuh!!! Istighfar tingkat dewa pokoknya deh. Belum lagi jika ada yang tidak cocok dengan kriteria aku mengenai pembagian waktu yang kerap kali tidak cocok alias berbenturan dengan satu atau dua hal, misalnya kegiatan LPM atau yang lainnya.

Namun demikian kata ‘Alhamdulillah’ perlu aku kembali ucapkan disini. Aku dapat kesempatan kontrak mengajar mata kuliah Teknik Editing Film dan Teknik Desain Grafis Photoshop dan 3Ds Max di sebuah kampus di Salemba, Jakarta Pusat. Walaupun hanya satu semester saja, aku dapat banyak ilmu dan pengalaman selama bekerja di tempat tersebut. Mungkin bagi sahabat blogger yang ingin aku men’sharing artikel sekitar desain dan editing film, silakan request di kotak komentar yaah. Hehehehe :D (ngitung-ngitung meningkatkan rating di blog ini, hihihihi *ups*). Harapan kedua aku, terwujud.

Yang ketiga, punya pacar yang setia. Awal Agustus lalu aku tak pernah melepas do’a yang satu ini. Hampir setiap bulan aku mencoba satu atau dua hal perihal pencapaian keinginan ini, dan ternyuataaaaa............ ***deng dereng deng deng*** ................................... ada sih, cuman gak sampai lama. Yaaaahhhhhh *penonton kecewa*

Sahabat blogger masih ingat dengan postingan aku yang berjudul Kisahku Dengannya dan Kisahku Dengannya part 2? Itulah rekap kecil dari sepersekian pencapaian aku perihal tentang cinta. Jadi kesimpulannya apa In??? Kesimpulannya .... Harapan ketiga aku, gagal.

Terakhir, aku mau berbagi cerita nih mengenai perjalanan panjang aku menghadapi sidang Tugas Akhir di kampus aku. Saat itu aku bertindak sebagai editor film. Dimulai dari awal bulan maret 2011 hingga Desember 2011 sebelum akhirnya aku diwisuda, kerja seorang editor film bisa dibilang pekerjaan yang lumayan mudah namun sulit di penerapannya. Tiba-tiba aku teringat sebuah cerita yang datang dari sahabat blogger kita yang bernama Ocha Rhoshandha dengan blognya Cerita Ocha. Saat itu ia pernah menulis sebuah postingan yang berjudul Project Film Kelar. Aku membaca postingan ala Ocha dan ia menjabarkan secara rinci keluh kesahnya perihal capeknya editing video.

Yap. Kalau Ocha bisa me-render film singkat tersebut hingga 8 jam lamanya, aku bisa 12 jam lebih. Bayangkan film 30 menit, berisi potongan video pecah-pecah yang harus disatukan demi estetika khas dari video kelompok aku, harus dirender dengan waktu yang lama seperti itu. Belum lagi jika aku berhadapan dengan dosen pembimbing aku, film yang sudah dirender harus dirombak lagi sesuai keinginnya. Wualaaahhhhduuuhhhh............... Edit ulang pastinya render ulang lagi. Dan kalau mau ditotal-total, aku bisa bertahan di rumah teman aku hingga satu minggu lamanya hanya menyelesaikan proses pasca-produksi ini.

Banner Wallpaper Program Tugas Akhir hasil editan penulis 'Jalan Nikmat'


Setelah sukses editing video yang bisa bikin aku teler bin kebelinger karena terus-terusan menghadap monitor komputer, akhirnya aku diwisuda pada bulan Desember 2011. Perjuangan aku untuk segera lulus dan menyandang gelar sebagai Abraham Yusuf Indrayana, A. Md , berhasil aku tempuh. Harapan keempat aku, terwujud.



Yah itulah segelintir cerita dari aku perihal rekap perjalanan hidup aku selama penuh umur 21 ini. Harapan aku kedepan, mungkin akan aku jabarin di postingan selanjutnya yak. Hehehe .... Tapi yang pasti, bisa lebih baik dari yang lalu. Aku senang bisa berkarya dan berekspresi selama aku berumur 21. Aku bisa memperbanyak teman, sahabat, dan yang terakhir... nambah kawan-kawan baru di dunia maya. Hehehe ...... Ada Aninda Naima, Annesya, Chumhienk, Cilembu, Ocha Rhoshandha, Nina Amalia, Tiesa, Ria, dan sahabat blogger lain yang sering mampir ke blog ini. Aku merasa semakin dekat dengan kalian karena kita sering banget nge-blogwalking, komen di sana-sini, sehingga sangat menjalin tali persahabatan antara kita semua, walaupun dalam dunia maya tapi suatu saat jika Tuhan menghendaki kita semua pasti bisa bertemu kok :)

Akhir kalimat, sambil menutup umur aku yang ke 21, aku mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada sahabat blogger yang setia untuk mampir di blog ini. Aku akan setia mendengarkan request-request dari sahabat blogger semua demi kemajuan blog aku ini. Yap, meskipun ulang tahun aku masih di awal Agustus mendatang namun aku sudah bisa merasakan apa itu yang disebut ‘pencapaian’. Terkadang memang dalam sebuah rencana itu ada keberhasilan ada pula kegagalan. Tinggal gimana kita menyikapinya aja, apakah ingin tetap lanjut atau menyerah sampai disini saja.

Sahabat blogger ... jadilah teman bagi kita semua. . .  ^ ^

24 komentar:

  1. hihi aku disebut lagi..

    selamat ulang tahun ya yg ke 22 meskipun masih belum tiba harinya, semoga makin dewasa dan tercapai semua harapan2mu


    dan semoga sukses terus dg blognya yg satu ini :D, jangan sampe ganti2 lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe .... Belooommmmm Naimaaaaaa :o
      Mohon comment ini kamu kirim lagi di postingan aku yang selanjutnya yah. Hehehehe *kacausaya* :p


      Makasih Naima sahabatku. Setiap ada postinganku kamu selalu sempatkan diri untuk mampir kemari. Jadi enak ni hihihihi :D
      Iyah makasih yah. Kutunggu feedback darimu mengenai blog kesayanganku ini ^ ^

      Hapus
    2. iya emang belum.. kan aku bilang "selamat ultah meskipun belum tiba harinya"

      aku uda follback blog kamu kok, itu ada gambarnya di follower.. dari dulu bahkan follbacknya

      Hapus
  2. wew, sempet kaget juga ternyata perjuanganmu lebih berat daripada aku.
    ohya, kamu bisa 3D's Max? padahal dulu saat kelas 2, salah satu materi bonus ya diajarin 3D's max, tapi nggak jadi gara-gara KBM yang terus mepet.
    Good luck dah buat 22 nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beuuh ... ada yang lebih sadis dari ini Cha ... :D


      Bay the way makasih yah atas kunjungan intensifnya dimari.
      oh iya, aku juga bisa 3Ds max alhamdulillah. Kita sharing bersama yuk ...

      Aku lihat di postingan kamu juga bisa stand up comedy yah? Aku juga ingin bisa cha. Hehehehe . . . ^ ^

      Hapus
    2. haha, emangnya sesadis apaan?
      ya jelas aja kamu 3Ds max bisa, lahwong kamu pernah ngajar materi tersebut.
      wew, mbaca postingan itu juga? ohya, catat ya, aku itu nggak bisa stand up comedy... serius...

      Hapus
    3. hehe, insyaallah itu akan jadi 'my wishes' di ulangtahunku nanti :D


      Iyah, aku pembaca setia blog kamu lho, hehe
      hmm... belum tahu aja. tiap render komputer bisa restart sendiri tanpa sebab yang jelas. pernah udah 98% tiba-tiba error blue screen dan restart sendiri -.-

      Hapus
    4. kayaknya wishes mu banyak ya?
      tetep setia ya.....
      wew, bukannya kalo restart itu bakalan ngerender data lagi dan itu membutuhkan waktu lama kan?
      ohya, sekalian nanya, ada beberapa komentarmu di blogmu tapi komentarmu kamu hapus, ada apa?

      Hapus
    5. Iyah nih, lagi 'serakah' akan keinginan nih,, tapi tentunya dengan kerja nyata juga sih..
      Cuman masalahnya aku banyak mimpi, tapi kadang malas buat bergerak, (jangan di contoh yak) hehehehe:D
      Iya betul lah. Pernah kasusku sampai 98% rendering trus restart sendiri tanpa sebab yang ada #menangis :'(

      Perihal komentar itu, sbnarnya itu komentar ganda. Disebabkan oleh server internet yang sedang error saat itu. Maaf yaa. :)

      Hapus
    6. nah, kalo ini aku setuju, hehehe

      Hapus
  3. jangan pernah menyerah sobat. karena kita semua memiliki waktu untuk berhenti dari segalanya. coba aza terus walaupun hasil akhirnya mungkin gak maksimal! heheheee...
    keep blogging always flen

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah. yang penting tetep berusaha yah..
      kalau masih gak bisa juga, sudah makan dulu sanaah... ada mie ayam spesial tuh,, Bhahahaha :D


      Keep always blogging, too flenn ^ ^

      Hapus
  4. kata lain dari perjuangan terus menerus adalah menyerahkan apa yang telah kita upayakan, inilah rahasia semua perwujudan dari keinginan....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, ada rahasia di balik rahasia yaa ....
      hehehe :)

      Hapus
  5. Alhamdulillah...
    Selamat ya, Mas.. banyak harapan2 yang terwujud.
    Keep fighting ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Samaranji ...


      The battle starts from now ^ ^

      Hapus
  6. Wah telat ngucapin, selamat 22 ya
    dulu SMK saya juga diajarin 3dsMax sih tapi ya minat nya ga kesana jadi lupa hhe
    malah sekarang garap film sih, lagi suka sukanya film

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya belum saatnya, bung ...
      Hehe
      Tapi baiklah ... Makasih yah ^ ^ Saya juga suka membuat film

      Hapus
  7. loh dulu saya ingat pernah komen di posting ini tapi kok skrg ga ada, sepertinya hilang komen saya karena modem saya lemot. sering banget gitu.

    met ultah yam Ndra... semoga pencapaian2 dalam hidupmu semakin gilang gemilang. aw nama saya kesebut, aw aw haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe .... aduuh padahal belum saatnya loh ...
      tapi baiklah..
      makasih Ness.... ^ ^ iya kadang jaringan internet suka begitu

      Hapus
  8. wah umur 21 aja udah pinter nulis
    aku umur segitu baru bisa nulis di diary doank wekekeke
    kalau aku nulis di blog ya nulis aja, berharap isi tulisannya bermanfaat. kalau ada yg mampir dan komen ya syukur, kalo ngga ada yo wis, rapopo.... ga sah dipaksakan

    tetap semangat nulis dan bikin film yg bagus ya.... jd guru yg OK jg ya... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh yah ...
      malah ada usia dibawah aku yang udah bisa nulis buku lho.. hehe

      Osiipp.... Aku akan senantiasa mengkomen blog kamu. Hehehehe ^ ^
      Makasih atas dukungannya ..........

      Hapus